Anime Review : Haikyuu!!

 

Review

Haikyuu!! adalahanime yang diusung dari manga karya Haruichi Furudate yang sampai ketika ini telah menjangkau 16 volume dengan kedudukan masih ongoing. Anime nya sendiri diproduksi oleh di antara studio animasi ruang belajar kakap, yaitu Production I.G, studio yang pun menelurkan Kuroko no Basuke series, Ghost in The Shell series,dan Evangelion series.

 

Story

Meskipun bertubuh mungil, Shouyou Hinata sangat menyenangi voli dan terinspirasi guna menjadi pemain voli serta spiker yang hebat setelah menyaksikan sebuah pertandingan voli di televisi saat dia kecil. Akan tetapi saat SMP, dia tidak mempunyai rekan guna berlatih, sampai-sampai ketika sukses kesatu kali tampil di pertandingan, dia kalah telak oleh Tobio Kageyama, sang King of the Court. Dengan tekad untuk menjawab kekalahannya, Hinata juga masuk ke SMA Karasuno, melulu untuk mengejar bahwa Kageyama, sang rival, bakal menjadi teman se kesebelasan nya di sana. Bersama dengan sang rival dan rekan-rekan yang ditemuinya di kesebelasan voli Karasuno, mereka berjuang menjadikan Karasuno kesebelasan voli terbaik.cek nonton film subtitle Indonesia di web kesayangan.

 

Karena sebetulnya gw jarang menyaksikan anime bergenre sports, saat kesatu kali mengupayakan menonton Haikyuu!!, gw cuma beranggapan “kenapa ga diusahakan untuk memperluas wawasan dan genre? Selain tersebut hype serial ini keliatannya tinggi”, namun pada prakteknya, dari episode awal-awal pun, Haikyuu!! mengingatkan gw pada Eyeshield 21, yang sama-sama sukses memberikan gw sajian khas genre sports yang mengangkat topik utama mengenai persahabatan, saling percaya, dan tekad pantang menyerah, yang entah bagaimana, dapat terasa begitu menyentuh meskipun sederhana.

 

Kebetulan, waktu menyaksikan Haikyuu!! ini, gw pun sedang mengekor (dan menyukai) anime sports lainnya yang lumayan populer, yaitu Kuroko no Basuke, namun setelah menyaksikan Haikyuu!!, malah gw jadi merasa mesti mengakui, bahwa dikomparasikan Kuroko no Basuke, dan mungkin pun anime-anime bergenre sports lainnya yang lebih mengkhususkan pada “greget” nya pertandingan dan skill-skill flashy yang kelihatannya nyaris tidak mungkin dilaksanakan dalam pertandingan aslinya, Haikyuu!! lebih mengkhususkan sportifitas dan team work yang dibangun dengan demikian hati-hati, detail, dan alami

 

Pertandingan-pertandingan yang diperlihatkan mungkin terasa lebih “santai” dan lebih lambat pace nya bila dikomparasikan dengan anime sports lainnya, tapi masing-masing pertandingan dalam Haikyuu!! terasa begitu bermakna, sebab pada masing-masing pertandingan, perasaan dan pertumbuhan yang dirasakan setiap karakter diterangkan melalui inner monolog mereka, dan melewati dialog-dialog sederhana tetapi penuh makna. Ketika anda sebagai pemirsa terbawa perasaan “greget” saat menonton pertandingan, gw rasa tersebut adalahhal yang biasa dalam anime sports, tapi saat serial tersebut dapat membuat penontonnya ikut merasa terharu dan gembira masing-masing kali kesebelasan protagonis menang, atau saat melihat mereka berkembang selangkah demi selangkah, dan dinyatakan oleh lawan mereka, I think that’s totally a sign for a great sports anime! ^^

 

Haikyuu!! paling berpusat pada team work dalam perkembangannya, dan menonton Haikyuu!! mengingatkan anda kembali bahwa kadang dalam team work, anda tanpa sadar konsentrasi pada mengerjakan tugas anda sendiri dengan sebaik-baiknya, sebenarnya yang sebetulnya menjadi inti dari team work tidak saja pada bagaimana kita mengerjakan yang terbaik yang kita dapat dalam peran anda di kesebelasan tersebut, tapi pun bagaimana kita dapat membantu supaya seluruh anggota tim dapat memaksimalkan potensi mereka dan menyerahkan yang terbaik yang mereka bisa.

 

Haikyuu!! juga sukses mengusung olahraga voli yang rasanya masih jarang diekspos dikomparasikan olahraga populer lainnya, dengan paling baik, dengan menyerahkan penjelasan guna hal-hal teknis dalam voli, laksana peraturan, dan peran setiap posisi, sampai-sampai bahkan pemirsa yang awam terhadap olahraga voli pun dapat mengerti mengenai voli dan jadi lebih bisa menghayati kisah yang disampaikan, atau bahkan barangkali tertarik untuk mengupayakan olahraga voli tersebut sendiri. Season kedua Haikyuu!! sendiri dijadwalkan bakal tayang pada bulan Oktober 2015 mendatang, and I love how they’re ending this first season, sebab season ini tidak hanya selesai dengan prinsip mainstream sports anime seperti; “menang-kalah yang urgen pantang menyerah dan terus berlatih”, tetapi menggambarkan pun mengenai bagaimana semua karakter tersebut menciptakan pilihan untuk masa mendatang mereka.

 

Seiyuu

Cerita berbobot | berbobot | berkualitas sebaik apapun akan susah tersampaikan secara maksimal melewati karakternya tanpa seiyuu perfomance yang baik, dan dengan performance spektakuler dari begitu tidak sedikit top-class seiyuu yang tercebur dalam anime ini, menciptakan para karakter dalam Haikyuu!! terasa begitu hidup dan meluap-luap dengan emosi. Bagi sang protagonis Hinata dan Kageyama sendiri, sebenarnya malah dibawakan oleh semua seiyuu yang masih termasuk baru dengan track record nya belum sejumlah seiyuu-seiyuu yang membawakan semua karakter pendukung, namun mereka berdua terbukti dapat memberikan performance dengan chemistry yang tak kalah bagusnya :D.

Akan tetapi, somehow rasanya gw perlu menyerahkan special credit guna Nobuhiko Okamoto guna performance nya sebagai Nishinoya, karakter suaranya terasa begitu pas, dan performance yang ditunjukkannya pada episode 9 membuatnya masuk dalam susunan adegan-adegan dalam anime dengan seiyuu performance yang memorable bikin gw.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *