6 Kuliner Makanan Yang Harus Anda Coba di Ambon

Cobalah Anda berangjangsana ke pantai-pantai di dekat Pulau Ambon dan sambangi restoran-restorannya. Di sana ada berbagai hidangan laut yang dapat dicicipi. Aneka hidangan laut ini tak melulu digoreng atau dibakar, tetapi diubah dengan bumbu yang menggunakan berbagai rempah. Di samping makanan laut, hutan Maluku yang masih terjaga pun memastikan pasokan bahan makanan nabati. Seperti sagu, umbi-umbian, pun kenari yang menjadi karakteristik masakan Ambon. Ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu baca di berita ambon yang tersedia di media massa seperti internet, majalah dan koran. Ragam kekayaan kuliner Maluku berikut yang mesti kita coba terutama yang terdapat di Pulau Ambon. Berikut ini ada 6 kuliner yang harus Anda cicipi saat pergi ke Ambon, Maluku.

  1. Ikan kuah kuning dengan papeda

Ini dia hidangan sangat terkenal dan sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang mendatangi Ambon atau Kepulauan Maluku. Kenyalnya papeda dengan rendaman kuah kuning dan ikan kakap yang segar tentu menggoda siapapun yang melihatnya. Sepintas kuah kuning di sini tampak sama dengan kuah ikan asam atau pindang serani. Namun sesudah dicecap, kita akan menikmati sensasi yang lain karena memakai biji kenari. Hidangan ini lumayan mudah didatangi di sejumlah resto yang menyajikan hidangan seafood khas Maluku.

  1. Rwbia yang tak kalah dengan rendang

Rwbia ini merupakan hidangan berbahan dasar bia atau kerang. Kerang yang digunakan sekian banyak  macam jenisnya, tergantung stok jenis kerang yang ditemukan di tempat tersebut. Bia itu dimasak dengan bumbu yang kaya bakal rempah. Rempah terdiri dari ragam bawang, kelapa sangrai, santan, gula aren, jintan, kunyit, dan lainnya. Soal rasa, tidak boleh ditanya. Kenyalnya kerang berpadu dengan rempah yang gurih dan tidak banyak pedas dari rempah. Dengan proses masak yang lumayan lama, kelihatannya tidak berlebihan andai hidangan ini tak kalah dengan rendang minang. Bagi mendapatkannya, kita bisa berangjangsana ke resto dekat pantai sampai pasar tradisional yang terdapat di pesisir. Salah satunya ialah sentra kuliner di Pantai Natsepa, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

  1. Kue kenari

Kaya bakal kenari menciptakan ragam hidangan khas Maluku familiar unik. Mulai dari kopi, sayuran, ikan, sampai kue memakai kenari. Ragam kue nikmat yang memakai biji kenari merupakan bolu kenari, sagu kenari, bagea kenari, dan masih tidak sedikit lagi. Anda dapat membelinya di sentra oleh-oleh atau toko kue kering di Kota Ambon. Harganya bervariasi, mulai Rp 35.000 guna 250 gram. Di pasar pastinya Anda bakal mendapatkan harga lebih murah, karena dipasarkan secara curah. Kue sagu gula khas Maluku yang dipasarkan di Ambon.

  1. Sagu gula

Sagu gula adalahcamilan berbahan dasar sagu dan kelapa yang dipanggang di dalam cetakan tanah liat. Di sejumlah daerah, sagu bakar yang berbentuk balok diberi isian gula aren. Saat menyantap sagu gula, kita kan menikmati gurihnya kelapa muda dan gula aren yang wangi. Hidangan ini amat nikmat dikonsumsi ketika sore atau pagi hari bareng kopi ataupun teh. Perlu diingat, sagu gula di Ambon kota bertolak belakang dengan sagu gula yang di Ambon pesisir. Sagu gula di pesisir lebih gurih dan lunak karena tidak sedikit berisi kelapa. Anda dapat membelinya di kedai-kedai kopi sampai pasar tradisional di Pulau Ambon. Per buah dipasarkan Rp 2.000 – 3.000, tergantung ukuran.

  1. Rujak Natsepa

Rujak ialah makanan yang harus kamu cicipi saat pergi ke daerah ambon. Daerah ini memang paling terkenal dengan rujaknya yang nikmat. Meski buah yang dipakai sama laksana rujak umumnya, tetapi keanehan rasanya berasal dari olahan kacang dan gula aren yang pribumi dari wilayah tersebut. Anda dapat menikmatinya di tengah deburan ombak dan sejuknya angin Pantai Natsepa yang indah.

  1. Kopi rarobang

Kopi rarobang adalahmodifikasi dari kopi robusta yang dikombinasi  dengan jahe putih, madu, dan taburan biji kenari. Menghasilkan rasa dan tekstur yang berbeda, dan pantas untuk dicoba. Kopi ini hanya dapat dinikmati di lokasinya langsung, yaitu barisan kafe kopi di Jalan Said Perintah. Salah satunya di Kafe Sibu-sibu, yang memasarkan kopi rarobang dengan harga Rp 19.000 per cangkir.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *